Skip to main content

9 Elemen Marketing


Image result for 9 elemen marketing hermawan kartajaya pdf

Pada dasarnya jika kita berbicara tentang Marketing atau Pemasaran maka minimal kita harus mengetahui konsep dasar dari Marketing atau Pemasaran itu sendiri. Disini menurut Hermawan Kertajaya, dia merumuskan 9 Elemen Pemasaran sebagai berikut:


Related image

Strategy
  1. Segmentation Segmentation atau bisa kita sebut sebagai segmentasi adalah proses membagi-bagi pasar menjadi lebih kecil lagi berdasarkan apa yang konsumen mau dan menentukan segmen mana yang kita layani.
  2. Targetting menurut Philip Kotler tageting adalah “The process of evaluating each market segment’s attractiveness and selecting one or more segments to enter”. Disini bisa kita simpulkan bahwa kita harus bisa menentukan sumber daya secara efektif dan efisien ke segmen pasar yang tepat dan potensial.
  3. Positioning dapat diartikan untuk menempatkan sebuah produk yang kita miliki sesuai dengan segmen pasar yang ada.

Image result for tactics


Tactic
  1. Diferensiasi salah satu elemen yang penting dimana kita harus bisa membuat perbedaan yang berbeda dengan produk yang lain supaya tidak dicap plagiat. Salah satu elemen ini juga bisa kita artikan sebagai membuat sebuah perbedaan sehingga kita bisa membuat sebuah produk yang unik dari yang lain sehingga dapat menarik hati calon konsumen.
  2. Marketing Mix mengintegrasikan tawaran dalam 4P (Product, Price, Place(pendistribusian), Promotion). Promotion disini dibagi lagi menjadi Advertising, Public Relation, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling. Pada dasarnya fungsi dari Marketing Mix ini adalah untuk memperkuat posisi kita di pasar sehingga kita tidak kalah saing dalam pasar dan dapat bertahan dalam persaingan tersebut didasarkan dalam 4P tersebut.
  3. Selling ini adalah eksekusi terakhir dimana kita menjual produk kita kepada calon konsumen, setelah kita membuat strategi dan kita membuat taktik, inilah saatnya untuk kita memasarkan dan menjual produk kita. Disini kita juga akan menjalin ikatan atau hubungan jangka panjang kepada konsumen. Maksud dari ikatan jangka panjang adalah dimana konsumen akan terus membeli produk kepada perusahaan kita dalam jangka waktu yang panjang.

Image result for value

Value
  1. Brand/Merk brand terbentuk dari 6 tahapan diatas yang sudah kita bahas yaitu value atau nilai dari sebuah produk yang kita jual kepada kepada calon konsumen.
  2. Service ini adalah bentuk dari sisi pelayanan kita untuk memberikan kepuasan kepada calon konsumen kita sesuai dengan ekspetasi mereka terhadap produk yang kita miliki.
  3. Process menunjukan proses yang telah kita lalui dari 8 tahapan tersebut dengan kualitas setinggi mungkin, harga serendah mungkin, dan dengan waktu penyampaian secepat mungkin (quality, cost, delivery)

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi OYO

 Menurut pandangan saya OYO adalah perusahaan startup yang memusatkan bisnisnya pada indrustri perhotelan dan struktur organisasi yang pas diterapkan untuk OYO Indonesia adalah sebagai berikut: 1. CEO/Owner Disini CEO bertugas untuk mengawasi setiap department serta memberikan ide dan gagasan sebagaimana konsep dari OYO itu sendiri. 2. GM Disini GM bertanggungjawab dengan operasional dan merancang standard dari OYO itu sendiri yang dibawahi oleh FBM serta DOR. 3. Human Resources Bertanggungjawab untuk menentukan berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan dari setiap department. 4. Finance Bertanggungjawab untuk mengontrol keuangan perusahaan 5. Sales & Marketing dan CTO ( Chief Technology Officer) Disini mereka bekerjasama untuk merancang bisnis startup mereka supaya menarik dan sesuai dengan demand market yang dituju. dibawahi oleh: - User Experience Team    Bertanggungjawab dengan membuat pengalaman yang terbaik oleh calon konsumen melalui desain - Backend Team ...

Strategi OYO untuk Memulihkan bisnis di Tengah Pandemik

Strategi pertama yang bisa dilakukan pertama kali adalah  Scanning Environment Menurut Wheelen-Hunger Scanning Environment atau pemindaian lingkungan adalah memonitor, mengevaluasi, dan mencari informasi dari lingkungan eksternal dan internal bagi orang-orang penting di perusahaan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis elemen eksternal dan internal yang akan menentukan masa depan perusahaan.  Eksternal Disini saya melaukan analisa PEST (Politics, Economics, Social, Technology) Politics: Disini situasi demokrasi Indonesia masih terkendali walaupun mengalami penurunan, tetapi tidak separah India dan Filipina. Menurut SMRC, sebanyak 67% publik puas dengan kinerja demokrasi, mendukung demokrasi, dan menolak diktator atau otoritarianisme setelah mengalami 6 bulan pandemik Covid-19. Ekonomi: Menurut SMRC, sentimen negatif pada kondisi ekonomi nasional pada masa Covid-19 adalah tertinggi sejak awal reformasi. Sentimen negatif paling tinggi mencapai 92% pada 12-1...

Promotion Mix (Bauran Promosi)

Menurut  Plilip Kotler  yang tercantum dalam buku karangan Drs. Djaslim Saladin (2004 : 172) adalah sebagai berikut :  Periklanan   (Advertising)  adalah semua bentuk penyajian nonpersonal, promosi ide-ide, promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor yang dibayar.  Promosi Penjualan   (Sales Promotion)  adalah variasi insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.  Hubungan masyarakat dan Publisitas   (Public Relation and Publicity)  adalah suatu usaha (variasi) dari rancangan program guna memperbaiki, mempertahankan, atau melindungi perusahaan atau citra produk.  Penjualan Personal   (Personal Selling)   adalah penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan.  Pemasaran Langsung   (Direct Marketing) k omunikasi secara langsung yang digunakan dari mail, telepon, fax, e-m...