Pada dasarnya jika kita berbicara tentang Marketing atau Pemasaran maka minimal kita harus mengetahui konsep dasar dari Marketing atau Pemasaran itu sendiri. Disini menurut Hermawan Kertajaya, dia merumuskan 9 Elemen Pemasaran sebagai berikut:
![Related image](https://mainform.net/wp-content/uploads/2019/05/best-strategy-board-games.png)
Strategy
- Segmentation Segmentation atau bisa kita sebut sebagai segmentasi adalah proses membagi-bagi pasar menjadi lebih kecil lagi berdasarkan apa yang konsumen mau dan menentukan segmen mana yang kita layani.
- Targetting menurut Philip Kotler tageting adalah “The process of evaluating each market segment’s attractiveness and selecting one or more segments to enter”. Disini bisa kita simpulkan bahwa kita harus bisa menentukan sumber daya secara efektif dan efisien ke segmen pasar yang tepat dan potensial.
- Positioning dapat diartikan untuk menempatkan sebuah produk yang kita miliki sesuai dengan segmen pasar yang ada.
- Diferensiasi salah satu elemen yang penting dimana kita harus bisa membuat perbedaan yang berbeda dengan produk yang lain supaya tidak dicap plagiat. Salah satu elemen ini juga bisa kita artikan sebagai membuat sebuah perbedaan sehingga kita bisa membuat sebuah produk yang unik dari yang lain sehingga dapat menarik hati calon konsumen.
- Marketing Mix mengintegrasikan tawaran dalam 4P (Product, Price, Place(pendistribusian), Promotion). Promotion disini dibagi lagi menjadi Advertising, Public Relation, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling. Pada dasarnya fungsi dari Marketing Mix ini adalah untuk memperkuat posisi kita di pasar sehingga kita tidak kalah saing dalam pasar dan dapat bertahan dalam persaingan tersebut didasarkan dalam 4P tersebut.
- Selling ini adalah eksekusi terakhir dimana kita menjual produk kita kepada calon konsumen, setelah kita membuat strategi dan kita membuat taktik, inilah saatnya untuk kita memasarkan dan menjual produk kita. Disini kita juga akan menjalin ikatan atau hubungan jangka panjang kepada konsumen. Maksud dari ikatan jangka panjang adalah dimana konsumen akan terus membeli produk kepada perusahaan kita dalam jangka waktu yang panjang.
![Image result for value](https://neilpatel.com/wp-content/uploads/2018/05/facebook-lifetime-value.jpg)
Value
- Brand/Merk brand terbentuk dari 6 tahapan diatas yang sudah kita bahas yaitu value atau nilai dari sebuah produk yang kita jual kepada kepada calon konsumen.
- Service ini adalah bentuk dari sisi pelayanan kita untuk memberikan kepuasan kepada calon konsumen kita sesuai dengan ekspetasi mereka terhadap produk yang kita miliki.
- Process menunjukan proses yang telah kita lalui dari 8 tahapan tersebut dengan kualitas setinggi mungkin, harga serendah mungkin, dan dengan waktu penyampaian secepat mungkin (quality, cost, delivery)
Comments
Post a Comment