Skip to main content

Promotion Mix (Bauran Promosi)

Menurut Plilip Kotler yang tercantum dalam buku karangan Drs. Djaslim Saladin (2004 : 172) adalah sebagai berikut : 


What is Promotions? Definition of Promotions, Promotions Meaning ...

  1. Periklanan (Advertising) adalah semua bentuk penyajian nonpersonal, promosi ide-ide, promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor yang dibayar. 
  2. Promosi Penjualan (Sales Promotion) adalah variasi insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. 
  3. Hubungan masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity) adalah suatu usaha (variasi) dari rancangan program guna memperbaiki, mempertahankan, atau melindungi perusahaan atau citra produk. 
  4. Penjualan Personal (Personal Selling) adalah penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan. 
  5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing) komunikasi secara langsung yang digunakan dari mail, telepon, fax, e-mail, atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.

Sales Promotion - Definition, Strategies, & Examples | Feedough


Bagaimana menerapkan Promotion Mix tersebut ?
  1. Periklanan (Advertising) untuk kita bisa melakukan hal tersebut kapanpun kita mau, apalagi sekarang kita bisa melakukan ini secara online yang tidak memakan biaya melalui media sosial ataupun media online lainnya.
  2. Promosi Penjualan (Sales Promotion) Menurut saya waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah disaat penjualan kita mulai menurun, serta banyak produk menumpuk ditambah datangnya stok produk baru, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan minat pembeli secara singkat.
  3. Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity) Cara ini harus sering dilakukan dan untuk waktunya juga bisa dilakukan kapanpun untuk meningkatkan citra perusahaan yang baik dimata konsumen maupun calon konsumen. Cara ini sangat efektif bila ada suatu bencana seperti contohnya kasus Covid-19 yang saat ini sedang menimpa, kita bisa memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena bencana atas nama perusahaan yang otomatis akan meningkatkan citranya di mata publik.
  4. Penjualan Personal (Personal Selling) Kapanpun kita bisa melakukan hal ini, dengan menargetkan konsumen mana yang kita tuju kita bisa menggunakan Sales Person yang sesuai dengan target kita. Sebagai contoh untuk produk rokok, kita menargetkan pria dalam rentang usia 30-60 tahun, maka kita menggunakan jasa Sales Girl yang tergolong muda dan cantik untuk menarik minat para calon konsumen kita walaupun memakan biaya yang cukup besar untuk melakukan hal ini.
  5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing) Kita bisa melakukan ini jika kita memiliki konsumen tetap yang sudah menggunakan produk kita dalam waktu yang lama kita bisa menawarkan benefit yang akan didapat. Sebagai contoh pengguna produk layanan internet yang sudah menggunakannya selama 5 tahun, dari pihak perusahaan akan menelepon secara langsung untuk menawarkan peningkatan atau upgrade dengan biaya yang lebih murah dibanding harga normal.
Menurut saya cara yang tepat untuk sebuah industri perhotelan adalah dengan mengguanakan media Periklanan dan juga Sales Promotion. Karena untuk Periklanan sendiri, tidak akan memakan biaya yang besar karena kita bisa memasarkannya lewat internet dan cara ini efektif di era globalisasi ini. Untuk Sales Promotion sendiri, orang pada era globalisasi ini lebih sering menggunakan OTA (Online Travel Agent) dibandingkan melakukan pemesanan secara langsung, disini biaya kamar lebih murah dibandingkan dengan harga dari hotelnya langsung, tetapi kita tidak bisa mengandalkan ini secara keseluruhan karena bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Sources: 
https://www.kompasiana.com/ozanlubis/5bb4801bc112fe5dda355ab3/memahami-promotion-mix-dengan-mudah
https://rumahasyam.com/apa-itu-promotion-mix/
http://www.kumpulanpengertian.com/2015/04/pengertian-promosi-dan-bauran-promosi.html
https://economictimes.indiatimes.com/definition/promotions
https://www.feedough.com/sales-promotion-definition-examples-types/

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi OYO

 Menurut pandangan saya OYO adalah perusahaan startup yang memusatkan bisnisnya pada indrustri perhotelan dan struktur organisasi yang pas diterapkan untuk OYO Indonesia adalah sebagai berikut: 1. CEO/Owner Disini CEO bertugas untuk mengawasi setiap department serta memberikan ide dan gagasan sebagaimana konsep dari OYO itu sendiri. 2. GM Disini GM bertanggungjawab dengan operasional dan merancang standard dari OYO itu sendiri yang dibawahi oleh FBM serta DOR. 3. Human Resources Bertanggungjawab untuk menentukan berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan dari setiap department. 4. Finance Bertanggungjawab untuk mengontrol keuangan perusahaan 5. Sales & Marketing dan CTO ( Chief Technology Officer) Disini mereka bekerjasama untuk merancang bisnis startup mereka supaya menarik dan sesuai dengan demand market yang dituju. dibawahi oleh: - User Experience Team    Bertanggungjawab dengan membuat pengalaman yang terbaik oleh calon konsumen melalui desain - Backend Team ...

Strategi OYO untuk Memulihkan bisnis di Tengah Pandemik

Strategi pertama yang bisa dilakukan pertama kali adalah  Scanning Environment Menurut Wheelen-Hunger Scanning Environment atau pemindaian lingkungan adalah memonitor, mengevaluasi, dan mencari informasi dari lingkungan eksternal dan internal bagi orang-orang penting di perusahaan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis elemen eksternal dan internal yang akan menentukan masa depan perusahaan.  Eksternal Disini saya melaukan analisa PEST (Politics, Economics, Social, Technology) Politics: Disini situasi demokrasi Indonesia masih terkendali walaupun mengalami penurunan, tetapi tidak separah India dan Filipina. Menurut SMRC, sebanyak 67% publik puas dengan kinerja demokrasi, mendukung demokrasi, dan menolak diktator atau otoritarianisme setelah mengalami 6 bulan pandemik Covid-19. Ekonomi: Menurut SMRC, sentimen negatif pada kondisi ekonomi nasional pada masa Covid-19 adalah tertinggi sejak awal reformasi. Sentimen negatif paling tinggi mencapai 92% pada 12-1...